Selamat Datang

Selamat Datang di Jelajah Alam Bebas, mohon maaf bila banyak kekurangan dari isi blog saya. Semoga blog Jelajah Alam Bebas ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang suka berkegiatan di alam bebas.

Jumat, 19 Agustus 2011

Sistem Pemanjatan

Dikjut Rock Climbing 2010 Madawirna
 Dalam melakukan pemanjatan tebing besar (big wall) dimana pemanjatan dilakukan berhari-hari, karena jalurnya panjang. Disini dikenal ada dua sistem yang biasa digunakan yaitu sistem alpine(alpine push) dan Himalayan (Himalayan style)
1.Alpine push
Dalam sistem ini pemanjat melakukan pemanjatan sampai puncak tanpa turun kecamp, jadi pemanjat selalu ada ditebing saat tidur sekalipun (hanging bivoac) segala aktivitas diluar pemanjatan dilakukan ditebing untuk ini segala peralatan dan perbekalan harus benar benar diperhitungkan . penggunaan sistem ini juga harus memperhitungkan personil yang bertugas mengangkat barang- barang tersebut dengan sistem load carry.jadi dibutuhkan mimimal 3 personil (1 orang leader, 1orang belayer, 1orang load carry) setelah pemanjat terakir(person load carry) sampai dipitch atasnya , tali(fixe rope) yang
digunakan naik dengan sistem jumaring langsung digulung untuk dibawa keatas . jadi tidak ada tali menggantung  untuk turun sebelum sampai puncak.
Keuntungan
«    Pemanjat tidak usah turun kedasar (base camp) untuk istirahat(malam) dan naik lagi ke pitch terakhir untuk melakukan pemanjatan.
«    Jumlah tali yang dibutuhkan relative sedikit (min 3roll)
«    Waktu pemanjatan lebih singkat.
Kelemahan
«    Segala sesuatu mulai dari membuka jalur dan yang mengevakuasi barang-barang keperluan diatas harus dilakukan sendiri oleh leader atau bellayer tersebut  (termasuk pemasangan lintasan untuk load carry)
«    Waktu istirahat malam hari kurang karena tidur menggantung
2. Himalayan style
            pemanjatan dilakukan sampai sore, kemudian pemanjat turun ke camp dasar dan pemanjatan diteruskan besok pagi. Tali sampai pitch terakhir ditinggal untuk melanjutkan pemanjatan besok, jadi sebelum leader dan bellayer melakukan pemanjatan mereka akan melakukan jumaring sampai pitch terakhir kemudian baru leader melakukan pemanjatan.
Kelebihan
«    Cukup dibutuhkan dua orang personil untuk membuka jalur ( leader dan bellayer )
«    Pemanjat dapat beristirahat dengan nyaman di base camop
«    Satu orang yang sudah mencapai sudah dianggap berhasil
Kekurangan
«    butuh banyak peralatan terutama tali, panjang tali disesuaikan dengan panjang lintasan yang akan dilakukan dalam pemanjatan.
«    Waktu pemanjatan lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalin jejak ya hehe..