Selamat Datang

Selamat Datang di Jelajah Alam Bebas, mohon maaf bila banyak kekurangan dari isi blog saya. Semoga blog Jelajah Alam Bebas ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang suka berkegiatan di alam bebas.

Jumat, 03 Desember 2010

Cara Berjalan Dengan Kompas

1.   Pada siang hari (kompas siang).
a)   Kompas dibidikkan kesasaran sesuai arah yang dikehendaki.
b)   Tandai titik keberangkatan.
c)    Cari suatu tanda medan yang terdapat pada garis / arah tersebut untuk dijadikan sebagai titik pertolongan menuju sasaran.
d)   Berjalan menuju titik pertolongan.
e)   Setelah sampai pada titik pertolongan, untuk mengecek arah yang dituju, kompas dibidikkan balik pada titik keberangkatan . jika sasaran (titik pertolongan) yang dituju benar, maka besarnya sudut kompas adalah sudut awal + 180° (bila sudut awal < dari 180°) atau sudut awal - 180° (bila sudut awal > dari 180°)
f)    Apabila tidak ditemukan tanda sebagai titik pertolongan, maka dapat digunakan teman untuk pertolongan secara bergantian.
2.   Pada malam hari (kompas Malam)
a)   Kompas dibuka penuh (180°)
b)   Sekrup dikendorkan
c)    Kaca kompas diutar sedemikan rupa hingga besarnya sudut / arah yang dikehendaki tertera pada kaca kompas berimpit dengan sumbu utama kompas (arah utara)
d)   Sekrup pengunci dikencangkan.
e)   Kompas diletakkan diatas telapak tangan dan diangakat sebatas pinggang atau dada.
f)    Badan diputar sedemikian rupa hingga jarum / plat penunjuk arah utara berimpit dengan plat penunjuk arah diatas arah yang terletak diatas lingkaran kaca.
g)   Arah yang ditunjuk oleh sumbu utama kompas adalah arah yang dikehendaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalin jejak ya hehe..