Selamat Datang

Selamat Datang di Jelajah Alam Bebas, mohon maaf bila banyak kekurangan dari isi blog saya. Semoga blog Jelajah Alam Bebas ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang suka berkegiatan di alam bebas.

Kamis, 07 Juli 2011

SURVIVAL,Teknik Hidup Alam Bebas ( THAB ) Part 2

Merbabu 2009

Kebutuhan Survival
Yang harus dipunyai oleh seorang survivor:
  1. Sikap mental : semangatlah untuk tetap hidup, kepercayaan diri, akal sehat disiplin dan rencana matang, kemampuan belajar dari pengalaman.
  2. Matahari / Panas : kelelahan panas, kejang panas, sengatan panas.
Keadaan yang menambah parahnya keadaan panas :
§   Penyakit akut atau kronis
§   Baru sembuh dari penyakit
§   Demam, penyakit kulit.
§   Baru memperoleh vaksinasi
§   Kurang tidur, lelah, minum alkohol
§   Penyakit kulit merata
Pencegahan kedaan panas: aklimatisasi, persediaan air, mengurangi aktivitas, garam dapur, pakaian longgar lengan panjang.
  1. Serangan penyakit: demam, disentri, typus, malaria.
  2. Kemerosotan mental
Gejala: lemah, lesu, kurang dapat berpikir dengan baik, histerius.
Penyebab: mekanan dan minuman beracun.
Pencegahan: usahakan tenang, banyak berlatih.
  1. Bahaya binatang beracun dan berbisa (keracunan)
Gejala: pusing dan muntah, nyeri dan kejang perut, kadang-kadang mencret, kejang-kejang seluruh badan, bisa pingsan.
Penyebab: makanan dan minuman beracun
Pencegahan: air garam diminum, minum air sabun mandi yang panas, minum teh pekat, ditohok anak tekaknya.
  1. Keletihan yang amat sangat
Pencegahan: makan makanan berkalori, membatasi kegiatan.
  1. Kelaparan
  2. Lecet
  3. Penurunan suhu tubuh
Untuk penurunan suhu tubuh dibawah 30 derajat celcius bisa menyebabkan kematian.

Lima Asas Skill Ikhtiar Hidup
B   : Bivak (perlindungan)
A   : Air
J    : Jerat ; makanan
A   : Api
K   : Komunikasi/isyarat : pertolongan

Satu elemen terpenting dalam ikhtiar hidup (survival) adalah yang terletak diantara dua telinga Anda, yaitu otak. JANGAN PANIK, gunakan akal dan Anda haruslah berlatih menggunakan 5 elemen asas sebelum Anda terpaksa bergantung didepannya.

1.     Bivak >>> Perlindungan
Perlindungan bermaksud untuk melindungi diri Anda dari sengatan matahari yang berlebihan, sejuk, angin, dan hujan. Apa saja yang boleh menambah dan mengurangi suhu badan Anda boleh menjadi musuh Anda. Pakaian merupakan cara perlindungan pertama, pakaian sesuai kondisi, tempat, dan iklim. Senantiasa memakai topi. Usahakan selalu pakaian yang terdekat dengan tubuh senantiasa kering.
Efektifkan waktu dan tenaga untuk membuat tempat perlindungan, manfaatkan alam yang telah menyediakannya (seperti gua dan lainnya). Berlatihlah untuk membuat tempat perlindungan anda untuk mengelak dari kelembapan, atau untuk menutup tempat perlindungan Anda atau gunakan selimut dengan keadaan duduk mencangkung (squad posisition) untuk memberi konsentrasi kehangatan di dalam badan.
2.    Air
Air sangatlah dibutuhkan dalam mempertahankan hidup. Anda hanya bisa bertahan hidup selama tiga hari tanpa meminum air. Bawa sejumlah makanan dengan mengnandaikan bahwa anda akan memerlukan makan dan air lebih dari perncanaan perjalanan Anda. Bawa makanan yang ringkas dan berprotein, bertenaga, dan berglukosa tinggi (coklat, gula). Masaklah air dengan menambahkan 10 menit atau lebih waktu memasak air saat kedudukan anda meningkat 1000 mdpl. Jangan tunggu hingga anda benar-benar kehabisan air baru hendak mencari air. Anda boleh mengumpulkannya diatas permukaan tanah yang tinggi dan sedikit terbuka.
3.    Jerat
Jerat, simpul, ikat atau segala yang berhubungan dengan tali temali sangatlah diperlukan dalam kondisi survival. Khususnya  dalam mencari makanan atau berburu binatang atau memudahkan kita dalam perjalanan dan kondisi goegrafis alam yang tidak menentu. Pengetahuan, kemempuan, cara, dan penggunaan tali haruslah dilatih dan dikuasai bila ingin berkegiatan di alam terbuka.
4.    Api
Api boleh digunakan untuk memasak air, memasak makanan, memberi isyarat kepada penyelamat, memanaskan badan, cahaya dan ketenangan, membantu menghalau binatang liar, dan merupakan sahabat bila sendirian. Setiap merak melibatkan diri dengan aktivitas luar (outdoor) harus mempunyai pengetahuan tentang cara menyalakan api sekurang-kurangnya dalam dua keadaan, satu dengan peralatan dan satu lagi tanpa peralatan.
5.    Komunikasi
Isyarat menandakan kehadiran kita dan kebolehan kita menarik perhatian orang lain untuk meminta bantuan. Api, lampu, suluh, penanda berwarna merah, cermin, dan wisel boleh membantu anda untuk ditemui. Tiga tumpukan api unggun yang membentuk segitiga dapat menandakan bahwa anda dalam kondisi darurat. Gunakan cermin isyarat atau cermin biasa apabila Anda melihat kapal terbang, atau orang pada jarak jauh. Gunakan pemancar cahaya kecemasan EMERGENCY STROBE LIGHT pada malam hari untuk menarik perhatian mereka yang mungkin berada pada kawasan tersebut. Buat api unggun  dengan bahan organik misalnya rumput lembab atau getah untuk menghasilkan asap yang tebal pada siang hari. Cari kawasan yang luas untuk membuat isyarat udara seperti S.O.S dari batu, kayuan, atau pakaian berwarna, dan apa saja yang membedakan dengan warna permukaan tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalin jejak ya hehe..